STRUKTUR TEKNIK AUDIO VIDEO
WIWIK RAHAYU
KEPALA KONSENTRASI
Guru Mapel :
1. Penerapan Sistem Radio & Televisi
Universitas Negeri Jakarta
S1/Pendidikan Teknik Elektronika
.


Guru Mapel :
1. Dasar-dasar Teknik Elektronika
Universitas Negeri Jakarta
S1/Pendidikan Teknik Elektronika.
JAMAL
Guru Mapel :
1. Penerapan Rangkaian Elektronika
2. Perawatan dan Perbaikan Peralatan Audio Video
IKIP Bandung
S1/Pendidikan Teknik Elektro
.


Guru Mapel :
1. Penerapan Rangkaian Elektronika
2. Perencanaan dan Instalasi Sistem Audio Video
Universitas Negeri Jakarta
S1/Pendidikan Teknik Elektronika.

Guru Mapel :
1. Perencanaan dan Instalasi Sistem Audio Video
2. Penerapan Sistem Radio & Televisi
Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Bandung
S1/Pendidikan Teknik Elektronika : Elektronika Industri

Guru Mapel :
1. Dasar-dasar Teknik Elektronika
2. Produk Kreatif dan Kewirausahaan
3. Pemrograman Mikroprosessor dan Mikrokontroller
Universitas Negeri Jakarta
S1/Pendidikan Teknik Elektronika.


teknik audio video
A. Teknik Audio Video
Program ini adalah untuk mempersiapkan siswa siap untuk Menjadi kompetensi profesional muda yang bekerja, handal, kreatif dan inovatif di bidang ketenagalistrikan dengan standar internasional ujian kompetensi. Melalui mengelola unit produksi, instalasi penerangan satu dan tiga fasa, instalasi tenaga tiga fasa dan instalasi kontrol berbasis plc .
A Definisi
Teknik Audio Video adalah kompetensi keahlian pada Bidang Studi Keahlian Teknologi dan Rekayasa Program Studi Keahlian Teknik Elektronika yang menekankan pada keterampilan perakitan, pemasangan dan pengoperasian Instalasi Listrik Penerangan dan Tenaga Satu dan Tiga Fasa. Kompetensi Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik menyiapkan peserta didik untuk bekerja pada bidang pekerjaan yang dikelola oleh badan, instansi atau perusahaan pribadi (wirausaha).
b. Tujuan
Tujuan Kompetensi Keahlian Teknik Audio Video secara umum mengacu padaisi Undang Undang Sistem Pendidikan Nasional (UU SPN) pasal 3 mengenai Tujuan Pendidikan Nasional dan penjelasan pasal 15 yang menyebutkan bahwa pendidikan kejuruan merupakan pendidikan menengah yang mempersiapkanpeserta didik terutama untuk bekerja dalam bidang tertentu. Secara khusus tujuan Kompetensi Keahlian bidang Teknik Audio Video adalah membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten :
1. Dasar-dasar Program Keahlian Teknik Audio Video meliputi kerja bengkel, dasar listrik, pemrograman
2. kompetensi Keahlian Teknik Audio Video meliputi mikroprosessor, mikrokontroller, instalasi sistem audio video, penerapan sistem radio televisi serta perawatan dan perbaikan audio video
Visi dan Misi TAV SMKN 53 Jakarta
a. Visi Kompetensi Keahlian Teknik Audio Video
Terwujudnya Kompetensi Kejuruan Teknik Audio Video yang mengutamakan pelayanan kepada siswa sehingga tamatan berakhlak mulia, cerdas, terampil, profesional, berjiwa wirausaha dan mempunyai Kompetensi sesuai Kejuruannya.
b. Misi Kompetensi Keahlian Teknik Audio Video
-Menanamkan pembinaan Akhlak dan budaya Kompetensi kepada warga jurusan.
-Menyelenggarakan penerapan Managemen berbasis sekolah.
-Menanamkan budaya Industri.
-Menerapkan Kurikulum 2013.
-Menanamkan budaya jiwa wirausaha.
-Menerapkan penguasaan Teknologi Infomatika.
-Keseimbangan antara Kognitif, Afektif dan Psikomotorik.
Rasional
Dasar-dasar Teknik Elektronika adalah salah satu mata pelajaran yang membekali peserta didik dengan kompetensi-kompetensi yang mendasari penguasaan keahlian Teknik Elektronika, yaitu melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang pekerjaan.
Mata pelajaran Dasar-dasar Teknik Elektronika merupakan pondasi bagi peserta didik dalam memahami isu-isu penting terkait dengan teknologi manufaktur dan rekayasa pada fase berikutnya, dan merupakan dasar yang harus dimiliki sebagai landasan pengetahuan dan keterampilan dalam mempelajari materi pelajaran pada pembelajaran konsentrasi di kelas XI dan XII program keahlian Teknik Elektronika yang antara lain meliputi: Teknik Audio Video, Teknik Elektronika Industri, Teknik Mekatronika, Teknik Elektronika Daya dan Komunikasi, Instrumentasi Medik, Teknik Otomasi Industri, Teknik Instrumentasi Logam, Instrumentasi dan Otomasi Proses, Aviation Electronics, dan konsentrasi lain sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Mata pelajaran ini berkontribusi dalam membentuk peserta didik memiliki keahlian pada bidang teknik elektronika, meningkatkan lebih lanjut kemampuan logika dan teknologi digital (computational thinking), yaitu suatu cara berpikir yang memungkinkan untuk menguraikan suatu masalah menjadi beberapa bagian yang lebih kecil dan sederhana, menemukan pola masalah, serta menyusun langkah-langkah solusi mengatasi masalah. Penguasaan kemampuan dasar-dasar teknik elektronika akan membiasakan peserta didik bernalar kritis dalam menghadapi permasalahan, bekerja mandiri, serta kreatif dalam menemukan solusi permasalahan kehidupan.
Tujuan Belajar Dasar-dasar Teknik Elektronika
Mata pelajaran Dasar-dasar Teknik Elektronika bertujuan membekali peserta didik dengan dasar-dasar pengetahuan, keterampilan, dan sikap (soft skills dan hard skills):
1. Memahami proses bisnis secara menyeluruh bidang manufaktur dan rekayasa elektronika;
2. Memahami perkembangan teknologi, dunia kerja, dan isu-isu global terkait dunia industri manufaktur dan rekayasa elektronika;
3. Memahami profesi dan kewirausahaan (job-profile dan technopreneurship), serta peluang usaha dalam bidang manufaktur dan rekayasa elektronika;
4. Memahami teknik dasar proses produksi pada industri manufaktur dan rekayasa elektronika;
5. Memahami gambar teknik elektronika;
6. Memahami sifat komponen aktif dan pasif;
7. Memahami mesin-mesin listrik, elektronika, dan instrumentasi.
TEKNIK AUDIO VIDEO
DATA SISWA-SISWI


BUKU TEKNIK ELEKTRONIKA