SMKN 53 JAKARTA

STRUKTUR TEKNIK PENGELASAN

NUZLIAH KARTIKA

KEPALA KONSENTRASI

Guru Mapel :
1. Teknik Pengelasan Busur Manual
2. Teknik Pengelasan Gas Metal


Universitas Negeri Jakarta
S1/Pendidikan Teknik Mesin
7. NUZLIAH
MARYANA
Guru Mapel :
1. Teknik Pengelasan Gas Metal
2. Teknik Pengelasan Gas Tungsten
IKIP  Negeri Yogyakarta
S1/Pendidikan Teknik Mesin

APRIYANI EKA HARLINA

KEPALA KONSENTRASI

Guru Mapel :
1. Dasar-dasar Teknik Mesin
2. Produk Kreatif Kewrirausahaan
3. Teknik Pengelasan Gas Metal


Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
S1/Teknik Mesin
PARIANTO PANJAITAN
Guru Mapel :
1. Teknik Pengelasan Gas Metal
2. Teknik Pengelasan Gas Tungsten
Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Medan
S1/Pendidik Teknik Mesin
BAHTIAR NURHAKIM
Guru Mapel :
1. Dasar-dasar Teknik Mesin

Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
S1/Teknik Mesin

ANNISA DWI LAILI AMIN

KEPALA KONSENTRASI

Guru Mapel :
1. Teknik Pengelasan Busur Manual
2. Produk Kreatif Kewrirausahaan



Universitas Negeri Jakarta S1/Pendidikan Teknik Mesin
ZELVIA MONICA
Guru Mapel :
1. Teknik Pengelasan Oksi-Asetelin
2. Produk Kreatif Kewirausahaan
Universitas Negeri Jakarta
S1/Pendidikan Teknik Mesin
Teknik-Pengelasan
STRUKTUR_SMKN_53-07

TEKNIK PENGELASAN

Rasional

Dasar-dasar Teknik Pengelasan dan Fabrikasi Logam adalah mata pelajaran yang berisi kompetensi-kompetensi yang mendasari penguasaan keahlian Teknik Pengelasan dan Fabrikasi Logam yaitu keahlian dalam melakukan proses penyambungan dua buah bahan atau lebih yang didasarkan pada prinsip-prinsip proses fusi, sehingga terbentuk suatu sambungan melalui ikatan kimia yang dihasilkan dari pemakaian panas dan tekanan serta proses pembuatan produk dari bahan pelat melalui proses pemotongan, pembentukan, pengecoran dan pengelasan.

Mata pelajaran Dasar-dasar Teknik Pengelasan dan Fabrikasi Logam berfungsi untuk membekali peserta didik pengetahuan dan keterampilan dasar Teknik Pengelasan dan Fabrikasi Logam yang nantinya akan digunakan untuk mempelajari mata pelajaran pada konsentrasi Teknik Pengelasan, Teknik Fabrikasi Logam dan Manufaktur serta Teknik Pengelasan Kapal.


Mata Pelajaran Dasar-dasar Teknik Pengelasan dan Fabrikasi Logam bertujuan agar peserta didik dapat melakukan proses pencarian pengetahuan berkenaan dengan materi pelajaran melalui berbagai aktivitas proses sains sebagaimana dilakukan oleh para ilmuwan dalam melakukan eksperimen ilmiah (penerapan saintifik), dengan demikian peserta didik diarahkan untuk menemukan sendiri berbagai fakta, membangun konsep, dan nilai-nilai baru secara mandiri. Pada awal pembelajaran peserta didik dikenalkan pada industri, lapangan kerja, jabatan kerja setelah lulus, budaya dan karakter kerja yang berkaitan dengan teknik pengelasan dan fabrikasi logam. Serta isu-isu penting dalam bidang manufaktur dan rekayasa seperti automated welding untuk menumbuhkan passion (renjana), vision (visi), imajinasi, dan kreativitas melalui pembelajaran di kelas, pembelajaran di bengkel, proyek sederhana, berinteraksi dengan alumni dan praktisi industri juga berkunjung pada industri yang relevan.


Mata pelajaran Dasar-dasar Teknik Pengelasan dan Fabrikasi Logam berkontribusi dalam memampukan peserta didik menjadi warga yang menguasai dasar program keahlian Teknik Pengelasan dan Fabrikasi Logam, dengan beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, bernalar kritis, mandiri, kreatif, komunikatif dan adaptif terhadap lingkungan.


Tujuan Belajar Dasar-dasar Teknik Pengelasan dan Fabrikasi Logam

Mata pelajaran Dasar-dasar Teknik Pengelasan dan Fabrikasi Logam bertujuan membekali peserta didik dengan dasar-dasar pengetahuan, keterampilan, dan sikap (hard skills dan soft skills) meliputi:

1. Memahami proses bisnis bidang pengelasan dan fabrikasi logam secara menyeluruh pada berbagai industri dan konstruksi;

2. Memahami perkembangan teknologi di dunia industri dan dunia kerja serta isu-isu global terkait dengan pengelasan dan fabrikasi logam pada berbagai bidang;

3. Memahami profesi dan kewirausahaan (job-profile dan technopreneurship), serta peluang usaha di bidang pengelasan;

4. Memahami teknik dasar yang terkait dengan seluruh proses pengelasan dan fabrikasi logam;

5. Menerapkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja serta Lingkungan Hidup (K3LH) di lingkungan kerjanya;

6. Menggambar teknik dasar yang terkait dengan konstruksi dan;

7. Memahami penggunaan alat ukur, perkakas tangan dan bertenaga dengan tepat;

8. Memahami rutinitas pengelasan dasar dengan proses SMAW (Shielded Metal Arc Welding) sesuai dengan POS.

Rasional

Teknik Pengelasan adalah mata pelajaran yang membekali peserta didik dengan kompetensi Teknik Pengelasan yaitu keahlian dalam melakukan proses penyambungan dua buah bahan atau lebih yang didasarkan pada prinsip-prinsip proses fusi, sehingga terbentuk suatu sambungan melalui ikatan kimia yang dihasilkan dari pemakaian panas dan tekanan dengan menggunakan alat, bahan, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan disertai pemecahan masalah sesuai dengan bidang pekerjaan Teknik Pengelasan.


Mata pelajaran ini merupakan mata pelajaran pendalaman dan tingkat lanjut pada fase F konsentrasi keahlian Teknik Pengelasan, yang memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan serta isu-isu penting terkait dengan bidang Teknologi Manufaktur dan Rekayasa. Seluruh materi pada mata pelajaran Teknik Pengelasan diharapkan dapat memberikan bekal untuk bekerja di industri yang relevan sebagai tenaga kerja tingkat menengah dan dapat dijadikan sebagai bekal dalam berwirausaha pada bidang pengelasan, serta menjadi bekal dalam melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi sesuai dengan bidangnya.


Pembelajaran pada mata pelajaran ini dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai pendekatan, model, strategi, serta metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik kompetensi yang dipelajari. Proses pembelajaran diharapkan dapat dilaksanakan secara interaktif, aktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, dan memotivasi peserta didik, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, kemandirian sesuai dengan bakat, minat, renjana, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. Pembelajaran dapat dilakukan dengan pendekatan contextual teaching learning, cooperative learning, maupun individual learning. Model pembelajaran yang dapat digunakan antara lain project-based learning, problem-based learning, inquiry-based learning, discovery-based learning, teaching factory, atau model pembelajaran lainnya yang relevan. Mata pelajaran Teknik Pengelasan dihantarkan melalui pembelajaran di kelas, pembelajaran di bengkel (workshop), interaksi dengan para alumni, guru tamu dari industri/praktisi Teknik Pengelasan, kunjungan industri yang relevan serta praktik kerja lapangan di dunia kerja yang sesuai.


Mata pelajaran ini berkontribusi dalam mengantarkan peserta didik agar menjadi warga negara yang menguasai keahlian pengelasan, serta membiasakan peserta didik untuk bernalar kritis dalam mengidentifikasi masalah yang sederhana atau kompleks. Juga mengembangkan dan mengevaluasi pilihan-pilihan berdasarkan beberapa informasi atau data sehingga dapat menentukan solusi yang terbaik dalam melakukan penyelesaian pekerjaan secara detail dan teliti sesuai standar pekerjaan yang ditetapkan. Mata pelajaran Teknik Pengelasan diharapkan pula dapat meningkatkan kreativitas, kemandirian dan jiwa gotong royong melalui pekerjaan yang dilaksanakan secara kolaborasi dengan dijiwai untuk berkebinekaan global, beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, dan bekerja dengan bertanggung jawab, jujur, disiplin, serta memiliki etika kerja.


Tujuan Belajar Teknik Pengelasan

Mata pelajaran Teknik Pengelasan membekali peserta didik dengan pengetahuan, keterampilan (hard skill, soft skill), dan sikap disertai penerapan Kesehatan, Keselamatan Kerja, dan Lingkungan Hidup (K3LH) juga budaya kerja pada seluruh kegiatan pembelajaran sebagai berikut:

1.        memahami gambar teknik;

2.        memahami pengelasan dengan proses Oxy Acetylene Welding (OAW) sesuai dengan Welding Procedure Specification (WPS);

3.        memahami pengelasan dengan proses Shielded Metal Arc Welding (SMAW) sesuai dengan WPS;

4.        memahami pengelasan dengan proses Gas Metal Arc Welding (GMAW) sesuai dengan WPS;

5.        memahami pengelasan dengan proses Flux Core Arc Welding (FCAW) sesuai dengan WPS;

6.        memahami pengelasan dengan proses Gas Tungsten Arc Welding (GTAW) sesuai dengan WPS; dan

7.        memahami mutu pengelasan sesuai dengan prosedur code standard yang diacu dalam WPS yang digunakan.


Address
Jl. Flamboyan No.50a, RT.014/RW.10, Cengkareng Barat, Cengkareng, Jakarta Barat 11730
Phone
02129511482
Email Address
admin@smkn53jkt.sch.id

TEKNIK PENGELASAN

DATA SISWA-SISWI

burhan 300x300
tp

BUKU TEKNIK PENGELASAN

Scroll to Top
X